[REFLECTION] sekedar merenung...

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

[REFLECTION] sekedar merenung...

Post by Sir_Lancelot on Sat Jun 14, 2008 11:17 am

#10 sifat mulia#


1. Ketulusan
Ketulusan menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling
disukai oleh semua orang.
Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena
yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi.
Orang yang tulus selalu mengatakan kebenaran, tidak suka
mengada-ada, pura-pura, mencari-cari alasan atau memutarbalikkan
fakta.
Prinsipnya "Ya diatas Ya dan Tidak diatas Tidak".
Tentu akan lebih ideal bila ketulusan yang selembut merpati itu
diimbangi dengan kecerdikan seekor ular.
Dengan begitu, ketulusan tidak menjadi keluguan yang bisa merugikan
diri sendiri.

2. Rendah Hati
Beda dgn rendah diri yg merupakan kelemahan, kerendahhatian justru
mengungkapkan kekuatan.
Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati.
Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk.
Orang yang rendah hati bisa mengakui dan menghargai keunggulan
orang lain.
Ia bisa membuat orang yang diatasnya merasa oke dan membuat
orang yang di bawahnya tidak merasa minder.

3. Kesetiaan
Kesetiaan sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya.
Orang yg setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan.
Dia selalu menepati janji, punya komitmen yang kuat, rela berkorban
dan tidak suka berkhianat.

4. Bersikap Positif
Orang yang bersikap positif selalu berusaha melihat segala sesuatu dari
kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun.
Dia lebih suka membicarakan kebaikan daripada keburukan orang
lain, lebih suka bicara mengenai harapan drpd keputusasaan, lebih
suka mencari solusi daripada frustasi, lebih suka memuji daripada
mengecam, dsb.

5. Keceriaan
Karena tidak semua orang dikaruniai temperamen ceria, maka
keceriaan tidak harus diartikan ekspresi wajah dan tubuh tapi sikap
hati.
Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka
mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan.
Dia bisa mentertawakan situasi, orang lain, juga dirinya sendiri.
Dia punya potensi untuk menghibur dan mendorong semangat orang lain.

6. Bertanggung Jawab
Orang yang bertanggung jawab akan melaksanakan kewajibannya dengan
sungguh-sungguh.
Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya.
Ketika mengalami kegagalan, dia tidak akan mencari kambing hitam
untuk disalahkan.
Bahkan kalau dia merasa kecewa dan sakit hati, dia tidak akan
menyalahkan siapapun.
Dia menyadari bahwa dirinya sendirilah yang bertanggung jawab atas
apapun yang dialami dan dirasakannya.

7. Kepercayaan Diri
Rasa percaya diri memungkinkan seseorang menerima dirinya
sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain.
Orang yang percaya diri mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan
dan situasi yang baru.
Dia tahu apa yang harus dilakukannya dan melakukannya dengan baik.

8. Kebesaran Jiwa
Kebesaran jiwa dapat dilihat dr kemampuan seseorang memaafkan
orang lain.
Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh
rasa benci dan permusuhan.
Ketika menghadapi masa-masa sukar dia tetap tegar,
tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keputusasaan.

9. Easy Going
Orang yang easy going menganggap hidup ini ringan.
Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil.
Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar.
Dia tidak suka mengungkit masa lalu dan tidak mau khawatir dengan
masa depan.
Dia tidak mau pusing dan stress dengan masalah-masalah yang
berada di luar kontrolnya.

10. Empaty

Empati adalah sifat yg sangat mengagumkan.
Orang yg berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa
menempatkan diri pada posisi orang lain.
Ketika terjadi konflik dia selalu mencari jalan keluar terbaik bagi
kedua belah pihak, tidak suka memaksakan pendapat dan
kehendaknya sendiri.
Dia selalu berusaha memahami dan mengerti orang lain.

---------------------------------------------------------------------------------------
Hhmmmmmm....ternyata nda mudah jadi orang yang "mulia" y.......

Sir_Lancelot
Talker
Talker

Female
Jumlah posting : 87
Age : 31
Location : dikamar,,tngan kiri dikeyboard,tngan kanan pgang mouse,,duduk bersila kaki kiri diangkat
Registration date : 11.06.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [REFLECTION] sekedar merenung...

Post by Sir_Lancelot on Sat Jun 14, 2008 11:20 am

#TOUCHING STORY FROM INDIA#

A really touching story. It reminds me, that it's not a difficult thing to share love. All we need is just a caring heart and a
willingness to sacrifice.


Istriku berkata kepada aku yang sedang baca koran : "Berapa lama lagi
kamu baca koran itu? Tolong kamu ke sini dan bantu anak perempuanmu
tersayang utk makan". Aku taruh koran & melihat anak perempuanku
satu2nya, namanya Sindu. Tampak ketakutan, air matanya banjir
didepannya ada semangkuk nasi berisi nasi susu asam / yogurt (nasi khas
India / curd rice).

Sindu anak yg manis & termasuk pintar dlm usianya yg baru 8 thn.
Dia sangat tidak suka makan curd rice ini. Ibu & istriku msh kuno,
mereka percaya sekali kalau makan curd rice ada "cooling effect". Aku
mengambil mangkok dan berkata "Sindu sayang, demi ayah, maukah kamu
makan beberapa sendok curd rice ini? Kalau tidak, nanti ibumu akan
teriak2 sama ayah." Aku bisa merasakan istriku cemberut dibelakang
punggungku.

Tangis Sindu mereda & ia menghapus air mata dgn tangannya &
berkata "Boleh ayah, akan saya makan curd rice ini tidak hanya bbrp
sendok tapi semuanya akan saya habiskan, tapi saya akan minta .. "
,agak ragu2 sejenak ,"...........akan minta sesuatu sama ayah bila
habis semua nasinya". "Apakah ayah mau berjanji memenuhi permintaan
saya?" Aku menjawab "Oh pasti sayang." Sindu tanya sekali lagi "Betul
nih ayah?". "Yah, pasti!" sambil menggenggam tangan anakku yang kemerah
mudaan dan lembut sbg tanda setuju. Sindu juga mendesak ibunya untuk
janji hal yang sama, istriku menepuk tangan Sindu yang merengek sambil
berkata tanpa emosi, "Janji" kata istriku.

Aku sedikit khawatir dan berkata: "Sindu, jangan minta komputer atau
barang2 lain yg mahal yah, karena ayah saat ini tdk punya uang." Sindu
menjawab : "Jangan khawatir, Sindu tdk minta barang2 mahal kok."
Kemudian Sindu dgn perlahan2 & kelihatannya sangat menderita, dia
bertekad menghabiskan semua nasi susu asam itu

Dalam hatiku aku marah sama istri & ibuku yang memaksa Sindu utk
makan sesuatu yang tidak disukainya. Setelah Sindu melewati
penderitaannya, dia mendekatiku dgn mata penuh harap. Dan semua
perhatian (aku, istriku dan juga ibuku) tertuju kepadanya. Ternyata
Sindu mau kepalanya digundulin / dibotakin pada hari Minggu.

Istriku spontan berkata "Permintaan gila, anak perempuan dibotakin,
tidak mungkin!". Juga ibuku menggerutu "Jgn terjadi dlm keluarga kita,
dia terlalu banyak nonton TV. Dan program2 TV itu sudah merusak
kebudayaan kita!". Aku coba membujuk : "Sindu kenapa kamu tidak minta
hal yang lain kami semua akan sedih melihatmu botak". Tapi Sindu tetap
dengan pilihannya, "Tidak ada, yah, tak ada keinginan lain", kata Sindu.

Aku coba memohon kepada Sindu : "Tolonglah kenapa kamu tidak mencoba
untuk mengerti perasaan kami". Sindu dgn menangis berkata : "Ayah sudah
melihat bgmn menderitanya saya menghabiskan nasi susu asam itu dan ayah
sudah berjanji untuk memenuhi permintaan saya, kenapa ayah sekarang mau
menarik / menjilat ludah sendiri? Bukankah Ayah sudah mengajarkan
pelajaran moral, bahwa kita harus memenuhi janji kita terhadap
seseorang apapun yang terjadi, seperti Raja Harishchandra (raja India
jaman dahulu kala) untuk memenuhi janjinya rela memberikan tahta, harta
/ kekuasaannya, bahkan nyawa anaknya sendiri".

Sekarang aku memutuskan untuk memenuhi permintaan anakku : "Janji kita
harus ditepati. Secara serentak istri dan ibuku berkata : "Apakah kau
sudah gila?". "Tidak", jawabku "kalau kita menjilat ludah sendiri, dia
tidak akan pernah belajar bagaimana menghargai dirinya sendiri. Sindu
permintaanmu akan kami penuhi".

Dengan kepala botak, wajah Sindu nampak bundar dan matanya besar dan
bagus. Hari Senin, aku mengantarnya ke sekolah, sekilas aku melihat
Sindu botak berjalan ke kelasnya dan melambaikan tangan kepadaku.
Sambil tersenyum aku membalas lambaian tangannya. Tiba2 seorang anak
laki2 keluar dari mobil sambil berteriak, "Sindu, tolong tunggu saya!".
Yang mengejutkanku ternyata, kepala anak laki2 itu botak. Aku berpikir
mungkin "botak" model jaman sekarang.

Tanpa memperkenalkan dirinya seorang wanita keluar dari mobil dan
berkata : "Anak anda, Sindu, benar2 hebat. Anak laki2 yang jalan
bersama-sama dia sekarang, Harish, adalah anak saya, dia menderita
kanker leukemia". Wanita itu berhenti sejenak, menangis tersedu-sedu,
"Bulan lalu Harish tidak masuk sekolah, karena pengobatan chemo
therapy. Kepalanya menjadi botak jadi dia tidak mau pergi kesekolah
takut diejek / dihina oleh teman2 sekelasnya. Nah, minggu lalu Sindu
datang kerumah dan berjanji kepada anak saya untuk mengatasi ejekan
yang mungkin terjadi, hanya saya betul2 tidak menyangka kalau Sindu mau
mengorbankan rambutnya yang indah untuk anakku Harish. Tuan dan istri
tuan sungguh diberkati Tuhan mempunyai anak perempuan yang berhati
mulia". Aku berdiri terpaku dan aku menangis.
Malaikat kecilku sudah mengajarkanku tentang kasih.

Sir_Lancelot
Talker
Talker

Female
Jumlah posting : 87
Age : 31
Location : dikamar,,tngan kiri dikeyboard,tngan kanan pgang mouse,,duduk bersila kaki kiri diangkat
Registration date : 11.06.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: [REFLECTION] sekedar merenung...

Post by aNaqkweciL_aloneT_T on Sat Jun 14, 2008 12:11 pm

wah..... emg anaqkwecil ntuh hebat,...
hehehe,..
mreka akn blih tulus

aNaqkweciL_aloneT_T
ForumGeek

Male
Jumlah posting : 1220
Age : 27
Location : negri peLangi
Registration date : 21.05.08

Lihat profil user http://www.childperspective.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: [REFLECTION] sekedar merenung...

Post by p3c4h_0t4X_SiSt3m on Sat Jun 14, 2008 12:57 pm

thankssda h share bang uuk!..
met agabung aja banng..
sori off tpic..

_________________

"click here ke fs gue!....jangan lupa add!..."

p3c4h_0t4X_SiSt3m
Global Moderator
Global Moderator

Male
Jumlah posting : 1883
Age : 29
Location : yg aq tau sich!..hari ini aq ada di palembang...gak tau besok.....
Registration date : 25.12.07

Lihat profil user http://donic-fairy.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: [REFLECTION] sekedar merenung...

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik