Tahukah anda ( asal mula nokia )

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Tamu on Thu Jun 19, 2008 4:29 pm

ente2 sekalian
pasti gak asing lagi denger kata nokia
apan nokia ???

Anda mungkin mengira NOKIA adalah perusahaan yang dibangun untuk tujuan pabrik atau industri seluler. Kita selidiki, kata NOKIA berasal dari nama sebuah komunitas yang tinggal di sungai Emakoski di negar Finlandia Selatan. Sejarah NOKIA ditemukan oleh Fredrik Idestam untuk perusahaan mesin penggilingan bubur kayu pada tahun 1865. Kemudian dikembangkan menjadi mesin bubur kayu dan pembuat kertas pada tahun 1920 dan merupakan pabrik pembuat kertas terkemuka di Eropa. Tahun 1950-an chief executive officer (CEO) Björn Westerlund meramalkan, masa depan pertumbuhan beberapa sektor ini (bubur kayu dan kertas) akan terbatas dan sebagai gantinya dibangun sebuah divisi elektronik di pabrik kabel Helsinki (disini udah mulai menjurus ke seluluer).

Selama 15 tahun Nokia elektronik mengalami masa percobaan dari beragam kesalahan. Akan tetapi, dari semua kesalahan dan percobaan itu, secara bertahap justru terbangun keterampilan substansial dari sekumpulan ahli yang berbakat. Tahun 1970-an Nokia dan pabrik pembuat televisi Salora bergabung untuk mengembangkan telepon genggam (telepon seluler). Dan tahun 1980-an seluruh Salora terintegrasi menjadi Nokia. Pada saat yang sama Nokia memperoleh operasi jaringan telepon dari Perusahaan Telekomunikasi Pemerintah Televa. Namun, tidak semua usaha yang dilakukan Nokia menjadi produsen telepon seluler terkemuka di dunia berjalan sukses. Tahun 1980-an perusahaan ini membeli pabrik televisi Jerman, SEL, tetapi terpaksa meninggalkannya karena tidak berjalan mulus.

Pada awal 1981, Nokia berhasil meluncurkan produk bernama Nordic Mobile Telephony (NMT). NMT merupakan jaringan selular multinasional pertama di dunia. Karena itu, sepanjang dekade 1980-an NMT diperkenalkan ke sejumlah negara dan mendapat sambutan yang luar biasa.

Pada awal 1990-an Nokia sempat krisis, tetapi CEO yang baru, Jorma Ollila, memutuskan untuk memfokuskan pada telepon seluler dan jaringan telepon. Hasilnya, telepon GSM pertama kali di dunia muncul di Finlandia tahun 1991. Kemudian pasar telepon seluler global mulai berkembang sangat cepat pada pertengahan 1990-an dan Nokia menjadi nomor satu.

Kini sebanyak 2.100 seri ponsel Nokia mendulang sukses. Target penjualan sebanyak 500 ribu unit berhasil diraih pada 1994. Dengan tenaga kerja sebanyak 54 ribu orang, produk Nokia terjual di 130 negara. Sekarang mungkin setiap orang tau telepon seluler yang mudah dalam pengoperasiannya adalah NOKIA, karena itulah moto NOKIA.

Anda tau bahwa dulu negara Finlandia sangat tergantung pada hasil hutannya (kayu), tapi sekarang apa kata Orang Ddepartemen Luar Negeri negara itu (Jyrki Vesikansa) : “Dulu kami hidup dari hutan, tetapi saat ini kami dapat menambahkan pada Nokia,”.

Apakah indonesia bisa…?



Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by pangeranemo on Thu Jun 19, 2008 5:01 pm

owhh..
thx om..
ternyata cabang dari perusahaan kayu ye?
thx dah nambah ilmuu !!

pangeranemo
Contributor
Contributor

Male
Jumlah posting : 334
Age : 25
Location : Diatas kursi
Registration date : 20.01.08

Lihat profil user http://profiles.friendster.com/rainandrain

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Tamu on Thu Jun 19, 2008 5:04 pm

pangeranemo wrote:owhh..
thx om..
ternyata cabang dari perusahaan kayu ye?
thx dah nambah ilmuu !!

akaka............
itu 49% sahamnya milik creative Forum

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Tamu on Thu Jun 19, 2008 5:25 pm

whahahhaha
iaaaaaaa banget tuwh
wkakakakakakak

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Tamu on Thu Jun 19, 2008 5:27 pm

kYuTZ wrote:whahahhaha
iaaaaaaa banget tuwh
wkakakakakakak

jangan asal2 bener aja ente
itu 49% punya creative forum *




* kecuali user kyutz

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by aNaqkweciL_aloneT_T on Thu Jun 19, 2008 7:15 pm

INDONESIA BISA kek gt.........!!!!!

aNaqkweciL_aloneT_T
ForumGeek

Male
Jumlah posting : 1220
Age : 27
Location : negri peLangi
Registration date : 21.05.08

Lihat profil user http://www.childperspective.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by p3c4h_0t4X_SiSt3m on Fri Jun 20, 2008 3:29 am

wah baru tau nich...
kalau nokia sejarahnya gitu...
kalau saham nya sebagian punya creatif forum wah bisa beli web sendiri donk!...

_________________

"click here ke fs gue!....jangan lupa add!..."

p3c4h_0t4X_SiSt3m
Global Moderator
Global Moderator

Male
Jumlah posting : 1883
Age : 29
Location : yg aq tau sich!..hari ini aq ada di palembang...gak tau besok.....
Registration date : 25.12.07

Lihat profil user http://donic-fairy.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Nounah muda on Fri Jun 20, 2008 11:17 am

wah bener tu
sha jg pernah baca tentang nokia yg pertama kali..
ga nyangka yah..

Nounah muda
Contributor
Contributor

Female
Jumlah posting : 433
Age : 27
Location : sarang burung rajawali
Registration date : 08.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by p0e3_sk4r^Let on Fri Jun 20, 2008 11:48 am

hahah Razz

gimana kalau 20 tahun yang akan datang,.

nokia kembali lagi seperti awal pertama nokia dibuat,.

tapi dengan sistem yang lebih cangih lagi.,
"modelnya sama" bnetuk gede - gede sangat.,

jiakak Razz

_________________




@ If oNe Day YoU dOnT WanT tO hEaR aNybOdY @
:: caLL mE anD I PrOmisE tO bE veRy quieT ::

@ If oNe Day YoU caLL anD TheRe Is nO aNswEr@
:: cOmE FasT To sEE mE,,PerHapS I nEed YOu ::


p0e3_sk4r^Let
Chatters Moderator
Chatters Moderator

Female
Jumlah posting : 1707
Age : 26
Location : valembaNg!!!kota yg ga' jLaz org2nya...
Registration date : 26.04.08

Lihat profil user http://profiles.friendster.com/poe3sk4r

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Nounah muda on Sat Jun 21, 2008 9:52 am

p0e3_sk4r^Let wrote:


tapi dengan sistem yang lebih cangih lagi.,
"modelnya sama" bnetuk gede - gede sangat.,

jiakak Razz

emhh
yang jelas anjing pda takut ngedeketin put
takut kna lempar pke HP..
hahhaha

Nounah muda
Contributor
Contributor

Female
Jumlah posting : 433
Age : 27
Location : sarang burung rajawali
Registration date : 08.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Tamu on Sat Jun 21, 2008 10:24 am

Nounah muda wrote:
p0e3_sk4r^Let wrote:


tapi dengan sistem yang lebih cangih lagi.,
"modelnya sama" bnetuk gede - gede sangat.,

jiakak Razz

emhh
yang jelas anjing pda takut ngedeketin put
takut kna lempar pke HP..
hahhaha

udah ada mbak put
yang gede.........

tuh........ telpon umum embat sana nahna

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Tamu on Sat Jun 21, 2008 10:46 am

blackrose wrote:
kYuTZ wrote:whahahhaha
iaaaaaaa banget tuwh
wkakakakakakak

jangan asal2 bener aja ente
itu 49% punya creative forum *




* kecuali user kyutz

hieeeeeeeeeeeeeeeeeee
lu gag taug apa
saham gw disini
wkwkkwkwkwk

bs buat lu dead taug
hahahahha


@p3
ampuuuuuuuuuun dah klo hepo kembali ke asal
hahahahhaha

anjink2 pada punah x
wkwkkwkw
coz dilempar pke hp dogem mulu

Tamu
Tamu


Kembali Ke Atas Go down

Re: Tahukah anda ( asal mula nokia )

Post by Sponsored content Today at 7:22 am


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik